WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Selasa, 05 Juni 2012

Analisis Internal dan Eksternal "Putri N"

Analisis lingkungan Iternal dan Eksternal PT.Mayora Indah
1.      Sekilas Mayora
Selama beberapa dekade Lebih Mayora Group telah tumbuh menjadi salah satu nama yang diakui dalam Fast Moving Consumer Goods Industri. Kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar dan komitmen untuk menghasilkan produk berkualitas telah membuat merek Mayora terkenal di Dunia, seperti Kopiko, Danisa, Astor, Energen, Torabika dan banyak lagi.
Didirikan pada tahun 1977, Mayora Group telah semakin berubah dari awal sebagai rumah industri kecil sederhana biskuit ke dalam salah satu Perusahaan Fast Moving Consumer besar dengan 13 Pabrik Barang dan lebih dari 25.000 angkatan kerja.
Mayora Group telah menjadi perusahaan publik pada tahun 1990, dengan berbagi terdaftar pada Jakarta Stock Exchange, dan sepanjang tahun berikutnya, Grup Mayora terus ekspansi yang cepat untuk menjadi sebuah Perusahaan yang berbasis ASEAN, dengan mendirikan fasilitas produksi dan kantor pemasaran di beberapa Tenggara negara-negara Asia.
 Saat ini, produk Mayora dijual di lebih dari 85 negara di seluruh dunia. Didukung oleh logistik modern dan sistem manajemen gudang, juga didukung oleh jaringan distribusi yang kuat, Mayora kelompok telah mempertahankan ketersediaan produk di pasar.
Mayora Group telah membuktikan dirinya sebagai produsen produk-produk berkualitas dengan memperoleh beberapa penghargaan dan apresiasi seperti “Lima Terbaik Managed Companies in Indonesia” yang dilakukan oleh Uang Asia, “Top 100 perusahaan publik yang terdaftar” pada tahun 2009 dan 2010 sebagai posisi pertama dalam produk sektor Makanan dan Minuman yang dilakukan oleh Majalah Investor Indonesia, serta sebagai “Produsen Produk Halal Terbaik” pada tahun 2004 oleh Majelis Ulama Indonesia.
2.       Visi dan Misi
Untuk menjadi produsen kualitas produk makanan dan minuman yang dipercaya oleh konsumen baik di pasar domestik dan Internasional, dan kontrol pangsa pasar yang signifikan di setiap kategori masuk. Untuk memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan perusahaan. Untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan negara di mana perusahaan beroperasi.

ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL

  1. Struktur organisasi perusahaan
Bentuk organisasi PT Mayora Indah Indonesia adalah struktur organisasi proyek denagn hubungn organisasi, terutama pada orang-orang yang bekerja pada proyek yang sama. Strutur organisasi perusahaan terdiri dari beberapa kelompok dari fungsi yang berbeda dengan setiap kelompok yang menitikberatkan pada pengembangan produk tertentu atau lini produsi.
Kendali perusahaan pada Presiden Direktur sebagai pucuk pimpinan. Pelimpahan tugas kerja kepada bawahan melalui masing-masing manajer departemen, kemudian dilanjutkan pada staff serta karyawan. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing bagian.
1.      Presiden Direktur
Presiden Direktur meruapak pucuk pimpinan tertinggi di dalam perusahaan yang mempunyai kekuasaan penuh dan Tanggung jawabatas maju mundurnya perusahaan, tugas dan wewenag Presiden Direktur antara lain :
a.       Menetukan kebijakan perusahaan secara menyeluruh
b.      Mengarahkan kegiatan yang dilaksanakan oleh bawahan untuk mencapai tujuan
c.       Mengadakan koordinasi yang tepat dari semua direktur untuk menjamin kelancaran organisasi melalui pertanggungjawaban masing-masing direktur.
2.      Direktur Finance dan Accuonting
Tugas,  wewenang dan tanggung jawab Direktur Finance dan Accuonting adalah:
a.       Menyelenggarakan perencanaan, pembinaan dan pengawasan sistem keuangan, akuntansi dan administrasi
b.      Melakukan administrasi yang tertib
c.       Menjamin terciprtanya pengawasan internal perusahaan
3.      Direktur Marketing
Tugas, wewenang dan tanggung jawab Direktur Marketing adalah :
a.       Merumuskan strategi dan program pemasaran
b.      Mengawasi pelaksanaan dan pencapaian target yang telah ditentukan
c.       Mamantau dan menganalisa keadaan ekonomi dan pasar, baik dalam maupun luar negeri, agar dapat mempertimbangkan pengembangan pasar atau produk yang dihasilkan
d.      Melakukan negosiasi dengan pembeli dalam membuat kontak penjualan expor
4.      Direktus Sales (penjualan)
Tugas, weweng dan tanggung jawab Direktus Sales (penjualan) adalah :
a.       Mengamati dan mengikuti pengembangn pasar, harga, dan promosi, baik untuk produk sendiri maupun produk saingan
b.      Memeriksa kredit langganan dan pengiriman barang ke para pelanggan
c.       Bekerja sama dengan bagian pemasaran dalam menyusun target penjualan untuk mengetahui langsung kegiatan pesaing dan mejalin hubungan baik dengan pelanggan
d.      Menerima informasi dari pengirim mengenai kebutuhan kouta yang dimiliki perusahaan
5.      General Manager (Manajer Utama)
Manajer utama harus mengawasi kegiatan operasional yang terjadi dillapangan, megawasi fungsi pendukung seperti worehousedan purchasing.
6.      Plant Manager (Manajer Pabrik)
Tugas, wewenag dan tanggung jawab Manajer Pabrik adalah :
a.       Mengawasi kerja manajer produksi
b.      Memberi laporan kepada presiden direktur menganai aktivitas perusahaan dalam hal pengoprasian
c.       Mengadakan pengawasan dan pengecekan kualitas produk
d.      Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan dalam lingkungan perusahaan
7.      Ketenagakerjaan
Segala hal yang berkaitan dengan ketenagakerjaan dan peraturannya telah ditetapkan dalam kesepakan kerjasama antara PT Mayora Indah dan Serikat kerja Tingkat Perusahaan. Karyawan PT. Mayora Indah bekerja dengan jangka waktu yang dibedakan menjadi dua status, yaitu :
a.      Pekerja Kontrak
Pekerja kontrak adalah pekerja yang memiliki hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu berdasarkan kontrak kerja dengan menerima gaji berdasarkan jumlah hari hadir.
b.      Pekerja Tetap
Pekerja tetap adalah pekerja yang memeliki hubungan kerja untuk jangka waktu yang tidak ditentukan berdasarkan hari kerja yang melebihi dua puluh hari dalam satu bulan dan tidak melebihi tiga bulan secara terus menerus dengan menerima gaji baik bulanan maupun borongan. Dalam rangka memperlancar jalannya kerja dalam proses produksi maka perusahaan membagi waktu kerja sebagai berikut :
a.      Karyawan kantor
Kegiatan kerja dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 16.30 dengan waktu istirahat selam 30 menit.
b.      Karyawan bagian produksi
Kegiatan kerja dibagi menjadi tiga kelompok jam kerja (shift) yang secara bergantian setiap minggunya, yaitu :
·         Shift I        : Pukul 06.30 sampai dengan 15.00, dengan waktu istirahat selama 30 menit
·         Shift II      : Pukul 15.30 sampai dengan 22.30, dengan waktu istirahat selam 30 menit
·         Shift III     : Pukul 22.30 sampai dengan 06.30, dengan waktu istirahat selama 30 menit
Selam satuminggu terdapat lima hari kerja, yaitu Senin sampai Jumat kecuali hari libur nasional dan hari libur perusahaan yang sudah ditetapkan. Jumlah jam kerja dalam satu minggi adalah 40 jam.
PT Mayora Indah sebagai perusahaan yang berkredibilitas tinggi juga memberikan fasilitas kepada karyawan. Beberapa fasilitas yang diberikan perusahaan antara lain berupa jaminan sosial dan kesejaheraan karyawan dalam bentuk sistem pemberian upah yang diatur menurut status pekerja. Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) berupa jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pemeliharaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan kesehatan kedokter, perawatan dirumah sakit, biaya persalinan istri pekerja dan keluarga berencana.
Fasilitas penunjang kerja juga diberkan kepada karyawan dalam bentuk alat kerja yang berupa pakaian kerja yang dberikan oleh perusahaan. Peralatan keselamatan kerja seperti kaca mata las, sarung tangan dan topi selalu tersedia bagi karyawan yang memerlukan. Fasilitas lainnya adalah koperasi karyawan, klinik dan jasa dokter yang terbuka setiap hari, tempat peribadatan, ATM, Bank, dan saran olah raga.
ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL
1.       PRODUK

1)      Biscuit :
·         Roma Sari gandum
·         Roma Better sandwich biscuit
·         Roma biscuit kelapa
·         Roma Cream crackers
·         Roma coffeejoy

Mayora memiliki beberapa merek terkemuka yang dikenal sebagai biskuit Marie Roma, Slai O’lai, lebih baik, dan Sari GANDUM. Dalam kategori biskuit, Mayora adalah salah satu produsen biskuit dihormati. Bahkan, Mayora memiliki Pabrik Biskuit terbesar di Asia Tenggara.
2)      permen :
·         Kopiko
·          Tamarin
·         Kis mint
Divisi permen telah membuat terobosan dengan meluncurkan permen Kopiko sebagai pelopor permen kopi dan menjadi nomor satu di dunia, sementara KIS membangun ikatan yang sangat sendiri dengan konsumen melalui Paket Emoticon.
3)      Kue wafer dan coklat :
·         Choki-choki
·         Zuperrr keju
·         Beng-beng
·         Superstar
·         Astor

Divisi Wafer menyajikan inovasi baru dalam setiap produk, kita acara menjadi pelopor di Segmen Wafer gulung dengan meluncurkan Astor. Dan Semua produk Mayora Cokelat terbuat dari coklat yang nyata, untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Choki choki-hadir sebagai produk unggulan yang merupakan pelopor dalam Segmen Coklat Pasta.
4)      kopi :
·         Kopiko brown coffee
·         Tora bika diet
·         Tora bika 3inOne
·         Tora bika duo
·         Tora bika cappuccino

Torabika adalah salah satu produsen terbesar kopi instan di Indonesia, dan Asia Tenggara. Torabika Merek terkenal dan tertanam di hati dari Masyarakat. Oleh karena itu Torabika terus membuat terobosan dalam menjaga kualitas produk-produknya. Jadi tetap dekat dengan konsumen.
5)      mayora nutrisi :
·         Energen oat milk
·          Energen sereal dan susu bergizi
Sejak peluncuran pertama, Energen ditujukan untuk menjadi pemimpin pasar di kategori Mix Sereal, dan Energen mencapai target dengan mengendalikan 93 % dari pangsa pasar sereal campuran.
6)      makanan instan
7)      minuman instan

2.      MEDIA
1)      Berita
2)       Acara
3)      Video
4)      Foto
5)      Iklan

3.      HUBUNGAN BISNIS
1)      Pemasok
kekhawatiran tentang Keselamatan, Kualitas, dan keterjangkauan produk, oleh karena itu PT.MAYORA  terus mencari kerjasama dengan pemasok bahan baku dan bahan kemasan yang dapat memberikan produk dengan kualitas baik dan layanan dengan harga yang kompetitif.
2)      Distribusi
Saat ini, Mayora memiliki sekitar 500 distributor di seluruh Indonesia dan di seluruh dunia Namun,  masih memperluas jaringan distribusi di seluruh dunia.

4.      PESAING :
1)      PT.KHONG GUAN
2)      PT. GARUDA FOOD
3)      PT. KRAFT  FOOD INDONESIA
4)      PT. ARNOTT’S INDONESIA

5.      OPERASI INTERNASIONAL
Saat ini Mayora beroperasi di 6 negara di luar Indonesia, yaitu: Cina, India, Filipina, Thailand, Malaysia dan Vietnam. Mayora keseluruhan telah hadir di total 85 negara di seluruh dunia.
Sejalan dengan pertumbuhan cepat dan ekspansi, Mayora Group pembuka ke peluang untuk memperluas geografis melalui ekspor.

6.      BADAN HUKUM
Dasar hukum dari status badan hukum PT tersebut tercantum di dalam Pasal 1 butir 1 UUPT, sebagai berikut:
Perseroan Terbatas yang selanjutnya disebut perseroan adalah badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang ini dan peraturan pelaksananya. PT merupakan badan hukum. Perseroan merupakan suatu bentuk (legal form) yang didirikan atas fiksi hukum (legal fiction) bahwa perseroan memiliki kapasitas yuridis yang sama dengan yang dimiliki oleh orang perseorangan (natural person).
Apabila dikaitkan dengan unsur-unsur mengenai badan hukum, maka unsur-unsur yang menandai PT sebagai badan hukum adalah bahwa PT mempunyai kekayaan yang terpisah (Pasal 24 ayat (1) UUPT), mempunyai kepentingan sendiri (Pasal 82 UUPT), mempunyai tujuan tertentu (Pasal 12 huruf b UUPT), dan mempunyai organisasi teratur (Pasal 1 butir 2 UUPT).

7.      SERIKAT KERJA
Serikat pekerja, sebuah organisasi karyawan yang ada didalam suatu perusahaan, diharapkan dapat berfungsi sebagai institusi yang melakukan employee counseling programs. Dengan peran serta tersebut, serikat pekerja sudah menunjukkan kemitraan yang positif kepada pengusaha. Sebaliknya, pengusaha dapat menarik manfaat  yang besar akan peran serta organisasi pekerja, dalam hal ini serikat pekerja. Dengan sendirinya akan muncul image positif tentang keberadaan serikat pekerja di lingkungan pekerja dan karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar