ANALISIS SWOT PADA PT. WINGS SURYA
LANDASAN TEORI
Analisis SWOT (Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats) atau di-Indonesiakan menjadianalisis KEKEPAN (Kekuatan-Kelemahan-Kesempatan-Ancaman) sudah sangat umumdikenal dan mudah untuk dilakukan.Pengertian-pengertian :PROSES MANAJEMEN STRATEGIS adalah sebuah proses delapan langkah yangmencakup perencanaan strategis, pelaksanaan atau penerapan dan evaluasi.ANALISIS adalah suatu kegiatan untuk memahami seluruh informasi yang terdapat padasuatu kasus, mengetahui isu apa yang sedang terjadi, dan memutuskan tindakan apa yangharus segera dilakukan untuk memecahkan masalah.
ü ANALISIS SWOT adalah suatu bentuk analisis situasi dengan mengidentifikasi berbagaifaktor secara sistematis terhadap kekuatan-kekuatan (Strengths) dan kelemahan -kelemahan(Weaknesses) suatu organisasi dan kesempatan-kesempatan (Opportunities) serta ancaman-ancaman (Threats) dari lingkungan untuk merumuskan strategiorganisasi.
ü KEKUATAN (Strengths) adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang berjalan dengan baik atausumber daya yang dapat dikendalikan.
ü KELEMAHAN (Weaknesses) adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang tidak berjalandengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi tetapi tidak dimiliki oleh organisasi.
ü KESEMPATAN (Opportunities) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang positif.
ü ANCAMAN (Threatss) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang negatif.
MATRIK SWOT adalah alat untuk menyusun faktor-faktor strategis organisasi yang dapatmenggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapiorganisasi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary) adalah ringkasan atau rumusan faktor-faktor strategis internal dalam kerangka KEKUATAN (Strengths) dan KELEMAHAN(Weaknesses).
EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary) adalah ringkasan atau rumusan faktor-faktor strategis eksternal dalam kerangka KESEMPATAN (Opportunities) dan ANCAMAN(Threats).
STRATEGI SO adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan jalan pikiran organisasi yaitudengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar- besarnya.
STRATEGI WO adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang adadengan cara meminimalkan kelemahan yang ada.STRATEGI ST adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan kekuatan yang dimilikiorganisasi untuk mengatasi ancaman.STRATEGI WT adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.
ANALISIS SWOT PADA PT WINGS
STRENGTHS Kekuatan PT Wings Group, kata pakar pemasaran Hermawan Kartajaya, dia memiliki modalcukup, kemampuan teknologi dalam ramuan kimia, mitra strategis, dan pemahaman terhadap pasar Indonesia. Julukan paling tepat buat Grup Wings (PT Sayap Mas Utama) yangdidirikan di Surabaya pada 1949 oleh Katuari bersama Wakijo Tanojo dan Harjo Sutanto iniadalah Sang Follower. Seorang pengamat pemasaran mengatakan, kalau mau jadi follower yang sukses, contohlah Wings. Hampir seluruh produk Wings memang mengekor marketleader. Senjata andalan Wings merebut pasar (selain kualitas) terutama adalah harga yanglebih murah. Wings sangat perkasa di industri detergen melalui sejumlah merek unggulanseperti SoKlin, Daia, serta sabun colek Wings Biru dan Cream Ekonomi.
WEAKNESS Kelemahan PT Wings Group sering dicap sebagai perusahaan Me-Too.Sebagian besar produknya adalah untuk menantang Market Leader.Misalnya, Mie Sedaap melawan Indomie, Detergen So Klin melawan Rinso, Daiamelawan Surf, Boom buat menghadapi BuKrim, Nuvo untuk Lifebuoy, Sabun Giv untuk Lux, shampoo Zinc vs Clear, Ale-ale untuk Frutang, Segar Dingin buat Lasegar,So Klin pelembut menantang Molto, Smile Up bersaing dengan Close up, Vitonmelawan Pocari. Sehingga PT Wings Group dapat dikatakan minim inovatif dalammeluncurkan produk baru.
OPURTUNITY PT. Wings dapat menghasilkan produk-produk yang menjadi kebutuhan pokok bagi konsumenmasyarakat pada umumnya. Kelebihan dari produk-produk PT wings tersebut yaitu memilikikualitas yang tinggi dengan harga yang erjangkau oleh masyarakat dari berbagai kalangan.Dengan begitu PT wings dapat meraih pangsa pasar yang cukup besar.
THREAT PT. Wings ini juga memiliki beberapa perusahaan-perusahaan pesaing yang memiliki produk sejenis seperti PT Kao dan PT Unilever. Meskipun sebagian besar produknya seperti meniru produk para market leader. Hal tersebut merupakan bagian dari strategi PT wings groupuntuk menghadapi para kompetitornya.
Kekuatan PT Wings Group, kata pakar pemasaran Hermawan Kartajaya, dia memiliki modalcukup, kemampuan teknologi dalam ramuan kimia, mitra strategis, dan pemahaman terhadap pasar Indonesia. Julukan paling tepat buat Grup Wings (PT Sayap Mas Utama) yangdidirikan di Surabaya pada 1949 oleh Katuari bersama Wakijo Tanojo dan Harjo Sutanto iniadalah Sang Follower. Seorang pengamat pemasaran mengatakan, kalau mau jadi follower yang sukses, contohlah Wings. Hampir seluruh produk Wings memang mengekor marketleader. Senjata andalan Wings merebut pasar (selain kualitas) terutama adalah harga yanglebih murah.
Wings sangat perkasa di industri detergen melalui sejumlah merek unggulanseperti SoKlin, Daia, serta sabun colek Wings Biru dan Cream Ekonomi.Kelemahan PT Wings Group sering dicap sebagai perusahaan Me-Too.Sebagian besar produknya adalah untuk menantang Market Leader.Misalnya, Mie Sedaap melawan Indomie, Detergen So Klin melawan Rinso, Daiamelawan Surf, Boom buat menghadapi BuKrim, Nuvo untuk Lifebuoy, Sabun Giv untuk Lux, shampoo Zinc vs Clear, Ale-ale untuk Frutang, Segar Dingin buat Lasegar,So Klin pelembut menantang Molto, Smile Up bersaing dengan Close up, Vitonmelawan Pocari. Sehingga PT Wings Group dapat dikatakan minim inovatif dalammeluncurkan produk baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar