WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Rabu, 06 Juni 2012

Dilema sang Manajer "Wahyuni"

1.       Tempatkan diri anda pada posisi Tom. Keahlian manajerial apakah yang harus ia dorong bagi pelatihnya (manajer toko) untuk digunakan agar menjamin bahwa semua pemain (para karyawan) melakukan apa yang perlu dilakukan untuk memuaskan konsumen dan membantu perusahaannya mencapai sasaran, yaitu melipatgandakan pendapatan dalam lima tahun ?
Jawab:
Keahlian dalam manajerial dapat dipisahkan dalam tiga kategori dasar: teknikal, hubungan antarmanusia, dan keahlian konseptual. Area pengetahuan yang terspesialisasi, terkuasai, dan kemampuan untuk mengetahui bagaimana suatu berjalan adalah keahlian teknikal. Keahlian hubungan antar manusia di dalamnya termasuk keahlian untuk memahami tingkah laku manusia, berkomunikasi secara efektif, dan memotivasi orang lain agar berhasil mencapai tujuan tertentu. Keahlian konseptual adalah kemampuan untuk melihat organisasi secara keseluruhan, memahami bagaimana setiap bagian dalam perusahaan saling bergantung satu sama lainnya, dan mengerti bagaimana organisasi berhubungan dengan lingkungan eksteralnya.

Kalau saya ada diposisi Tom, saya akan memakai keahlian manajerial ketiga-tiganya, karena semuanya itu saling terkait. Kalau salah satu dari ketiga itu ada yang tidak dipakai dalam membimbing para bawahan dan untuk perusahaan, maka perusahaan akan kalah saing dengan perusahaan lainnya dan juga perusahaan ini akan terus berkembang dengan lebih baik lagi. Seperti keahlian manajerial dalam hubungan antar manusia, saya kalau sebagai Tom akan membina para bawahan saya dengan menjaga hubungan satu sama lain dengan baik, tidak mentang-mentang menjadi bos saya harus keras sama bawahan saya. Iya  sih sikap keras itu perlu agar manajer atau karyawan tidak semenah-menah terhadap tugas yang diberikan, tapi ada batasannya. Komunikasi kita juga harus dijaga satu sama lain dengan memberikan motivasi-motivasi.
Selain itu saya akan memberikan pelatihan kerja kepada manajer dan para karyawan, yaitu yang berhubungan dengan teknik. Kita tahu sendiri kalau setiap tahun negara mengalami perubahan  atau dunia semakin mengglobal, tentu saja perkembangan teknologi dan pendidikan akan semakin canggih. Sebagai pemimpin saya akan berusaha meningkatkan kualitas karyawan saya dan supaya perusahaan saya tidak kalah saing dengan perusahaan lain dan mengikuti arus perubahan zaman.
Dengan perusahaan dan para anggota perusahaan yang berkualitas, maka konsumen pun akan mudah ditarik, yaitu produk dan layanan dari perusahaan dapat memuaskan para konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar