WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Rabu, 06 Juni 2012

UTS ANIF

TUGAS UTS MANAJEMEN

1.      Jelaskan bagaimana seorang manajer dapat membuat keputusan yang efektif dalam dunia kerja sekarang ini ?
2.      Sebutkan enam sifat dari proses pengambilan keputusan yang  yang efektif  ?
3.      Badingkan keputusan terprogram dan tak terprogram !
4.      Gambarkan dan jelaskan empat gaya pengambilan keputusan !
5.      Badingkan tiga kondisi pengambilan keputusan !

Jawab !
1.      Dalam pengambilan keputusan, seorang manajer pertama-tama harus menganalisis faktor penyebab mendasar yang dikaitkan dengan situasi keputusan, kemudian seorang manajer mulai memikirkan alternatif-alternatif  solusi keputusan yang mungin dapat dilaksanakan, lalu dari alternatif-alternatif solusi tersebut dikembangkan dan diseleksi untuk mengambil mana solusi yang paling tepat dengan keseluruhan tujuan diambilnya keputusan. Kemudian seorang manajer mengambil keputusan dengan mendahulukan mana yang lebih penting dan yang kuarang penting, sehigga tercapailah sebuah keputusan yang efektif.

2.      6 sifat dari proses pengambilan keputusan yang efektif :
1.      Pengenalan persyaratan keputusan.
2.      Diagnosis dan Analisis penyebab.
3.      Pengembangan Alternatif.
4.      Pemilihan Alternatif yang diinginkan.
5.      Implementasi Alternatif yang dipilih.
6.      Evaluasi dan Umpan balik.

3.      Keputuan terpogram : keputusan yang diambil untuk merespon situasi yang timbul cukup sering, untuk membuat aturan pengambilan keputusan dikembangkan dan diaplikasikan dimasa depan. Keputusan terpogram dibuat sebagai respon terhadap permasalahan yang timbul di organisasi. keputusan yang berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat dipogram. Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manajemen tingkat bawah. Contoh, keputusan pemesanan barang, keputusan penagihan piutang, dll.

Keputusan tidak terpogram / tidak terstruktur : keputusan yang diambil untuk merespon situasi yang unik tidak terjelaskan deengan baik dan sebagian besar tidak berstruktur dan memiliki konsekuensi penting bagi organisasi. Pengalaman manajer merupakan hal yang sangat penting didalam pengambilan keputusan tidak terstruktur, karena keputusan tidak terpogram melibatkan perencanaan strategis karena ketidakpastiannya tinggi dan keputusan bersifat kompleks, sehingga keputusan tidak terpogram cenderung terjadi di manajemen tingkat atas.

4.      Empat gaya:
Ø  Gaya Direktif
Digunakan oleh orang-orang yang lebih memilih solusi masalah yang sederhana dan jelas. Seseorang yang memilih gaya ini biasanya bersifat efisien dan rasional dan memilih untuk mengandalkan peraturan atau prosedur yang ada dalam mengambil keputusan.
Ø  Gaya Analisis
Senang mempertimbangkan solusi yang kompleks berdasarkan data sebanyak mungkin yang dapat mereka kumpulkan.
Ø  Gaya Konseptual
Orang-orang yang cenderung kearah gaya konseptual juga senang memperhatikan sejumlah besar informasi. Mereka juga lebih berorientasi social daripada mereka yang menyukai gaya analisis.
Ø  Gaya Perilaku
Gaya yang digunakan oleh manajer yang memiliki perhatian mendalam terhadap orang sebagai individu.
5.      1. Pengambilan keputusan bertindak untuk mencapai tujuan yang diketahui dan disepakati. Dimana permasalahan secara rinci diformulasikan dan didefinisikan, dan kemudian keputusan langsung diambil setelah disepakati dan keputusan tersebut telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
2. pengambilan keputusan mengusahakan kondisi kepastian, dengan mengumpulkan seluruh informasi. Dimana sebelum mengambil keputusan seorang manajer terlebih dahulu menghitung semua alternatif dan hasil yang potensial dari setiap informasi.
3. kriteria untuk mengevaluasi alternatif yang diketahui. Pengambilan keputusan yang sebelumnya mengumpulkan semua alternatif keputusan, lalu menyeleksi mana keputusan yang paling baik dan mendahulukan hal lebih penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar