WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Rabu, 06 Juni 2012

UTS RAGIL

1.      Dalam mempersiapkan pemecahan masalah, manajer memandang perusahaan sebagai suatu system dengan memahami lingkungan perusahaan dan mengidentifikasi subsistem – subsistem dalam perusahaan. Dalam mendefenisikan masalah, manajer bergerak dari tingkat system ke subsistem dan menganalisis bagian-bagiansistem menurut suatu urutan tertentu.
Dalam memecahkan masalah manajer mengidentifikasi berbagai solusi alternative, mengevaluaasinya, memilh yang terbaik, menerapkannya, dan membuat tindak lanjut untuk memastikan bahwa solusi itu berjalan sebagaimana mestinya.

2.      6 sifat dari proses pengambilan keputusan yang efektif:
      a. Mendefinisikan masalah
      b. Mengidentifikasi kriteria keputusan
      c. Menimbang kriteria
      d. Membuat alternatif pilihan tindakan
      e. Mengevaluasi setiap alternatif
      f. Memperkirakan keputusan yang paling optimal

3.      Keputusan terprogram/keputusan terstruktur : keputusan yg berulang2 dan rutin, sehingga dapt diprogram. Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pd manjemen tkt bawah. Co:/ keputusan pemesanan barang, keputusan penagihan piutang,dll.
Keputusan tidak terprogram/ tidak terstruktur : keputusan yg  tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi. Keputusan ini terjadi di manajemen tingkat atas.  Informasi untuk pengambilan keputusan tdk terstruktur tdk mudah untuk didapatkan dan tdk mudah tersedia dan biasanya berasal dari lingkungan luar. Pengalaman manajer merupakan hal yg sangat penting didalam pengambilan keputusan tdk terstruktur. Keputusan untuk bergabung dengan perusahaan lain adalah contoh keputusan tdk terstruktur yg jarang terjadi.



4.   Empat gaya:
·         Gaya Direktif
Digunakan oleh orang-orang yang lebih memilih solusi masalah yang sederhana dan jelas. Seseorang yang memilih gaya ini biasanya bersifat efisien dan rasional dan memilih untuk mengandalkan peraturan atau prosedur yang ada dalam mengambil keputusan.
·         Gaya Analisis
Senang mempertimbangkan solusi yang kompleks berdasarkan data sebanyak mungkin yang dapat mereka kumpulkan.
·         Gaya Konseptual
Orang-orang yang cenderung kearah gaya konseptual juga senag memperhatikan sejumlah besar informasi. Mereka juga lebih berorientasi social daripada mereka yang menyukai gaya analisis.
·         Gaya Perilaku
Gaya yang digunakan oleh manajer yang memiliki perhatian mendalam terhadap orang sebagai individu.

5.   Pengambilan keputusan dalam berbagai tingkatan resiko yang dipilih:
a.       Pengambilan keputusan bertindak untuk mencapai tujuan yang diketahui dan disepakati: dimana permasalahan secara rinci diformulasikan dan didefinisikan, dan kemudian keputusan langsung diambil setelah disepakati dan keputusan tersebut telah sesuai dengan tujuan yang ingin di capai.
b.      Pengambilan keputusan mengusahakan kondisi kepastian, dengan mengumpulkan seluruh informasi: dimana sebelum mengambil keputusan seorang manajer terlebih dahulu menghitung semua alternatif dan hasil yang potensial dari setiap informasi
c.       Kriteria untuk mengevaluasi alternatif yang diketahui: pengambilan keputusan yang sebelumnya mengumpulkan semua alternatif keputusan, lalu menyeleksi mana keputusan yang paling baik dan mendahulukan hal lebih penting
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar