WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Rabu, 06 Juni 2012

Dilema sang Manajer "Sirojul"

Dilema seorang Manajer
(CEO Tires Plus)
TOM GEGAX adalah seorang pendiri sekaligus CEO dari TIRES PLUS, yakni sebuah perusahaan pengecer ban yang memiliki lebih dari 150 toko yang tersebar di 12 negara bagian dimana pendapatanya mendekati 200 juta dollar. Dalam kurun waktu 5 tahun Tom Gegax ingin memperluas usahanya secara nasional dan melipatgandakannya. Namun disisi lain ia juga menghadapi 3 masalah pribadinya yang penting yakni perceraian, kanker ,dan defisit usaha jutaan dolar.
Jika saya menjadi Tom Gegax keahlian manajerial yang akan saya tekankan pada manajer toko adalah keahlian dalam mengambil keputusan. Mengapa saya memilih keahlian ini ? karena dengan keahlian ini seorang manajer toko akan dengan cepat mengatasi masalah-masalah yang timbul secara tiba-tiba. Dalam situasi yang seperti itu maka seorang manajer harus sigap dalam mengambil keputusan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam dunia usaha.
            Seorang manajer wajib mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan, hal ini dikarenakan jika ada suatu permasalahan yang mendesak dan seorang manajer wajib untuk membuat suatu keputusan dengan cepat dan efektif. Berikut ini adalah tahap-tahap yang efektif dalam pengambilan keputusan oleh manajer :
1.      Pengenalan persyaratan keputusan.
2.      Diagnosis dan Analisis penyebab.
3.      Pengembangan Alternatif.
4.      Pemilihan Alternatif Yang Diinginkan.
5.      Implementasi Alternatif yang Dipilih.
6.      Evaluasi dan Umpan Balik.

Sebagai wahana untuk meningkatkan jumlah konsumen saya dan membantu perusahaan saya untuk mencapai sasaran saya akan meningkatkan kualitas dari barang produksi saya. Selain itu saya akan lebih sering memberikan motivasi kepada semua karyawan saya agar mereka lebih maksimal dalam melakukan pekerjaanya, sehingga akan membuat konsumen menjadi lebih puas akan pelayanan yang telah Tires Plus berikan kepada konsumen.
Dan tidak lupa akan masalah pribadi saya, saya akan meminta saran kepada seorang PSIKIATER langganan saya tentang bagaimana agar saya lebih tenang dalam menghadapi semua masalah pribadi saya agar tidak tercampur adauk antara masalah pribadi dan masalah perusahaan.
Kemudian pada akhirnya untuk lebih memperluas bentangan sayap Tires Plus secara Nasional dan melipatgandakanya, saya akan melaksanakan beberapa tahapan manajemen untuk mewujudkanya, yaitu :

1.      Planning
Pada tahap ini saya akan merencanakan dan menentukan berbagai alternatif untuk bagaimana langkah yang akan saya ambil dalam proses mewujudkan tujuan dari Tires Plus.
2.      Organizing
Setelah membuat rencana (planning) bagaimana langkah kedepan, saya harus melakukan pengorganisasian untuk membagi aktifitas sesuai dengan planning yang telah ditentukan.

3.      Leading
yaitu melakukan motivasi para bawahan saya agar lebih giat dalam mewujudkan tujuan perusahaan, dan tidak lupa saya juga harus lebih termotivasi dari bawahan-bawahan saya.
4.      Controlling
Pada tahapan terakir ini, saya akan melakukan survey dan monitoring untuk melihat apakah rencana yang telah dilakukan itu berhasil dengan baik, jika tidak berjalan sesuai dengan rencana maka saya akan melaksanakan alternatif-alternatif  lain yang lebih efektif untuk mewujudkan cita-cita saya sebagai CEO Tires Plus, yakni memajukan perusahaan dalam 5 tahun kedepan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar