WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Senin, 04 Juni 2012

Internal dan Eksternal "Umi"

VISI DAN MISI PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk

v  INTERNAL
Visi Perusahaan:
Menjadi Perusahaan Total Food Solutions
Misi Perusahaan :
§  Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi, dan teknologi
§  Menyediakan produk yang berkualitas tinggi, inovatif dengan harga terjangkau, yang merupakan pilihan pelanggan
§  Memastikan ketersediaan produk bagi pelanggan domestik maupun internasional
§  Memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas hidup bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang nutrisi
§  Meningkatkan stakeholders’ value secara berkesinambungan
Strategi Perusahaan :
           Menjalin kerjasama dengan pemasok bahan baku untuk meningkatkan kualitas produk, dan meningkatkan distribusi produk-produk hingga cepat dan tepat sampai ke masyarakat konsumen.
v  EKSTERNAL
DISTRIBUSI PRODUK PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK
 Grup Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi paling ekstensif di Indonesia, menjangkau hampir seluruh pelosok Nusantara. Selain mendistribusikan produk-produk Indofood, grup ini juga menyalurkan berbagai produk pihak ketiga. Jumlah stock point telah berkembang dengan cepat sejak tahun 2005, memberikan penetrasi pasar yang lebih luas dan lebih dalam melalui mata rantai pasokan dan pengiriman yang efisien. Stock point yang dibangun di wilayah dengan tingkat kepadatan outlet ritel yang tinggi termasuk pasar tradisional, memungkinkan setiap stock point untuk melayani wilayahnya masing-masing dalam waktu sesingkat mungkin.
STRATEGI MENGATASI PERMASALAHAN PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK
            Strategi yang digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar dan nilai penjualan dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan lain yang menghasilkan jenis produk yang sama, PT Indofood Sukses Makmur Tbk dengan anak-anak perusahaannya melakukan hal sebagai berikut :
-           Melakukan pendekatan terhadap masyarakat dengan berbagai program dari produk yang dimiliki PT Indofood Sukses Makmur, diantaranya :
Indofood Event
Program ini merupakan salah satu cara pendekatan terhadap masyarakat melalui produk-produk seperti Indomie dalam program Indomie Jingle Dare, Indomie Kreasi, Popmie dalam program PopUpYourLife.com, Popmie Basketball 2010, Indomilk dalam program Festival Film Anak Internasional dll.
Recipe Corner
Program ini bertujuan untuk memperkenalkan produk Indofood untuk dijadikan sebagai bahan resep masakan rumah.
Menjalin Hubungan Sosial Masyarakat
            Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) merupakan komitment utama Indofood dalam membantu komunitas dan memberi kontribusi yang optimal kepada masyarakat.
            Pada tahun 2007, Indofood mengembangkan dan melaksanakan berbagai program yang didasarkan pada lima pilar utama dari filosofi CSR jangka panjang:
Building Human Capital ( Membangun Kecerdasan Bangsa )
§  Indofood Riset Nugraha
§  Pustaka Anak Nusantara
§  Baktimu Guru, Masa Depan Pertiwi
§  Establishment of quality schools in plantations
Maintaining Social Cohesion ( Mempertahankan Kepedulian Sosial )
§  Indofood Peduli
§  Posyandu Revitalization
Strenghtening Economic Value ( Meningkatkan Nilai Ekonomi )
§  Adopt Principles and Criteria for Sustainable Palm Oil Production
§  Tree Planting Initiatives
§  Waste Management
Encouraging Good Governance ( Mendukung Kepemerintahan )
§  Bogasari Mitra Partnership
§  Development of SMEs in Aceh in conjunction with Swiss Contact
§  Partnerships with farmers
Protecting The Environment ( Melindungi Lingkungan )
§  Compliance with 3 countries rules
§  Best practice certifications : HACCP, GMP, ISO, Halal, SNI

-           Selain menjalin hubungan dengan konsumen, PT Indofood Sukses Makmur Tbk juga terus mengembangkan produk dalam Department R & D serta Quality Control, untuk memperbarui produk lama ataupun membuat produk baru ( inovasi produk ) dan mempertahankan kualitas ( Quality Control ). Dengan demikian, Perusahaan mampu mempertahankan kepercayaan dan minat masyarakat konsumen.
-           Melakukan strategi pemasaran dengan mengenalkan produk baru atau mengenalkan inovasi terbaru dari produk bertahan, melalui Iklan Siaran TV, Radio, atau Poster yang disebar di papan reklame ataupun spanduk yg dipasang ditoko-toko yg ikut memasarkan Brand atau Produk dari PT Indofood Sukses Makmur.
-           Menguatkan Brand dari produk bertahan dengan menjadi sponsor suatu acara stasiun TV, sepertiIndonesia Mencari Bakat bersama Supermie.
-           Melakukan marketing langsung guna observasi dalam mencari nilai produk baru ataupun Inovasi terbaru dari produk lama di mata masyarakat konsumen. Biasanya dilakukan di Mall, supermarket atau tempat padat pengunjung.
 ANALISIS MASALAH
Analisis SWOT
1. Strength ( Kekuatan )
a. Kondisi keuangan / finansial yang kuat, dapat dilihat dari perkembangan kepemilikan saham di berbagai perusahaan.
b. Memiliki banyak anak perusahaan.
c. Brand yang telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia terutama produk Indomie.
d. Kepemimpinan Direksi dan Komisaris yang matang.
e. Memiliki Sumber Daya Manusia yang besar sehingga mampu produksi yang besar pula.
2. Weakness ( Kelemahan )
a. Tenaga kerja yang banyak membuat perusahaan rentan goncangan terhadap penjualan produk yang menurun.
3. Opportunities ( Peluang )
a. Pertumbuhan pasar yang terus meningkat baik di kalangan bawah, menengah maupun atas.
b. Segmentasi pasar yang tidak terlalu signifikan karena produk yang dihasilkan terus menyesuaikan untuk dikonsumsi pria atau wanita, baik tua maupun muda.
c. Memanfaatkan e-bussines dalam membantu mengembangkan pangsa pasar dan memperkenalkan produk melalui internet karena pengguna internet sama dengan masyarakat konsumen.
d. Peluang pasar yang besar dalam sistem distribusi yang mencakup grup pendistribusian produk hingga pasar tradisional dengan waktu sesingkat mungkin.
4. Threat ( Ancaman )
a. Terus dihadapi dengan pesaing-pesaing baru dengan jenis produk yang sama.
nb : mohon maklumat apabila terdapat kesalahan didalam postingan diatas. terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar