Analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan PT. Coca-Cola
Analisis lingkungan ekternal akan menghasilkan peluang dan ancaman perusahan terdiri dari tiga perangkat factor. Yaitu lingkungan jauh, lingkungan industrin dan lingkungan operasional.
§ Lingkungan jauh terdiri dari factor-faktor yang bersumber dari luar, dan biasanya tidak berkaitan dengan situasi operasi tertentu yaitu factor ekonomi, social-budaya, teknologi, demografi, politik – hukum dan ekologi.
§ Lingkungan industri terdiri dari persaingan diantara anggota industri, hambatan masuk, produk substansi, daya tawar pembeli dan tayar pemasok.
§ Lingkungan oprasional meliputi factor-faktor yang memepengaruhi situasi persaingan perusahaan, yaitu posisi bersaiang, profil pelanggan, pemasok, kreditor, dan teaga pekerja.
Ketiga factor tersebut memunculkan peluang dan ancaman memasarkan dan memebangkan produk. Berikut ini adalah analisis dari ketiga lingkungan tersebut yang dapat digunakan untuk menentukan peluang dan ancaman bagi coca-cola.
Analisis lingkungan ekternal akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Analisis internal perushaan dikenal juga dengan nama analisis profil perusahaan. Analisis ini menggambarkan kekuatan perusahan, baik kuantintas maupan kualitas pemasaran, sumberdaya manusia, sumberdaya fisik, operasi, keuangan, manajeman dan organisasi.
Analisis SWOT teridiri dari 4 ( empat ) komponen yang terdiri dari:
1. Streangth ( S ) adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi program pada saat ini di suatu perusahaan.
2. Weakness ( W ) adalah situasi / kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.
3. Opportunity ( O ) adalah situasi / kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.
4. Therat ( T ) adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat menggunakan eksistensi organisasi dai masa akan datang.
Berikut adalah hasil analisis SWOT pada PT Coca- Cola Bottling.
Aspek Kekuatan pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia.
SDM yang terlatih
Loyalitas Konsumen Terhadap barnd Coca - Cola
Brand Image
Pertumbuhan Penjualan
Riset dan Development yang Intensif
Harga Produk Yang Kompetitif
Keadaan Distribusi dan Pangsa Pasar
Ramuan yang tidak dimiliki oleh peusahaan lain
Pelayanan terhadap pelanggan atau konsumen
Lokasi pabrik ada di mana termasuk Jakarta, dan Semarang
Memiliki kepedulian terhadap Lingkungan sekitar
Inovasi secara terus menerus
Strategi pemasaran yang baik
System informasi yang baik
Kemasan produk yang menarik
Aspek Kelemahan pada PT Coca – Cola Bottling.
Ketersediaan Bahan Baku
Biaya Produksi yang Tinggi
Ancaman PT Coca- Cola terhadap pesaing Produk The yang Semakin Banyak
Kebijkan Pemerintah
Coca – Cola Tidak menghasilkan Produk Yang Organik
Minuman bersoda tidak baik bagi kesehatan
Sebagai perusahaan beverage memiliki kontrak ekskulisif kepada Pepsi Company
Aspek kesempatan pada PT Coca – cola
Konsumsi minuman berbanding terbalik dengan usia seorang
Teknologi membuat dunia semakin sempit
Semakin meningkatnya pendapatan penjualan PT Coca – Cola
Minuman ringan dapat diperolah di mana saja
Bahan pendukung utama produk coca-cola dapat diganti dengan produk yang lain.
Aspek ancaman pada PT Coca – Cola Bottling
Coca – cola dapat pesain dari Pepsi dan Cadbburry
Ada banyak minuman subsitusi dari produk minuman yang lain
Peningkatan biaya per unit akibat keterbatasan bahan baku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar