WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Selasa, 05 Juni 2012

Internal dan Eksternal "maeni"

Analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan PT. Coca-Cola

Analisis lingkungan ekternal akan menghasilkan peluang dan ancaman perusahan terdiri dari tiga perangkat factor. Yaitu lingkungan jauh, lingkungan industrin dan lingkungan operasional.
§  Lingkungan jauh terdiri dari factor-faktor yang bersumber dari luar, dan biasanya tidak berkaitan dengan situasi operasi tertentu yaitu factor ekonomi, social-budaya, teknologi, demografi, politik – hukum dan ekologi.
§  Lingkungan industri terdiri dari persaingan diantara anggota industri, hambatan masuk, produk substansi, daya tawar pembeli dan tayar pemasok.
§  Lingkungan oprasional meliputi factor-faktor yang memepengaruhi situasi persaingan perusahaan, yaitu posisi bersaiang, profil pelanggan, pemasok, kreditor, dan teaga pekerja.
Ketiga factor tersebut memunculkan peluang dan ancaman memasarkan dan memebangkan produk. Berikut ini adalah analisis dari ketiga lingkungan tersebut yang dapat digunakan untuk menentukan peluang dan ancaman bagi coca-cola.

Analisis lingkungan ekternal akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Analisis internal perushaan dikenal juga dengan nama analisis profil perusahaan. Analisis ini menggambarkan kekuatan perusahan, baik kuantintas maupan kualitas pemasaran, sumberdaya manusia, sumberdaya fisik, operasi, keuangan, manajeman dan organisasi.

Analisis SWOT teridiri dari 4 ( empat ) komponen yang terdiri dari:

1.        Streangth ( S ) adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi program pada saat ini di suatu perusahaan.

2.       Weakness ( W ) adalah situasi / kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.

3.     Opportunity ( O ) adalah situasi / kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.

4.      Therat ( T ) adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat menggunakan eksistensi organisasi dai masa akan datang.



Berikut adalah hasil analisis SWOT pada PT Coca- Cola Bottling.

Aspek Kekuatan pada PT Coca-Cola Bottling Indonesia.

  SDM yang terlatih

  Loyalitas Konsumen Terhadap barnd Coca - Cola

  Brand Image

  Pertumbuhan Penjualan

  Riset dan Development yang Intensif

  Harga Produk Yang Kompetitif

  Keadaan Distribusi dan Pangsa Pasar

  Ramuan yang tidak dimiliki oleh peusahaan lain

  Pelayanan terhadap pelanggan atau konsumen

  Lokasi pabrik ada di mana termasuk Jakarta, dan Semarang

  Memiliki kepedulian terhadap Lingkungan sekitar

  Inovasi secara terus menerus

  Strategi pemasaran yang baik

  System informasi yang baik

  Kemasan produk yang menarik

Aspek Kelemahan pada PT Coca – Cola Bottling.

  Ketersediaan Bahan Baku

  Biaya Produksi yang Tinggi

  Ancaman PT Coca- Cola terhadap pesaing Produk The yang Semakin Banyak

  Kebijkan Pemerintah

  Coca – Cola Tidak menghasilkan Produk Yang Organik

  Minuman bersoda tidak baik bagi kesehatan

  Sebagai perusahaan beverage memiliki kontrak ekskulisif kepada Pepsi Company

Aspek kesempatan pada PT Coca – cola

  Konsumsi minuman berbanding terbalik dengan usia seorang

  Teknologi membuat dunia semakin sempit

  Semakin meningkatnya pendapatan penjualan PT Coca – Cola

  Minuman ringan dapat diperolah di mana saja

  Bahan pendukung utama produk coca-cola dapat diganti dengan produk yang lain.

Aspek ancaman pada PT Coca – Cola Bottling

  Coca – cola dapat pesain dari Pepsi dan Cadbburry

  Ada banyak minuman subsitusi dari produk minuman yang lain

                    Peningkatan biaya per unit akibat keterbatasan bahan baku.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar