WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Rabu, 06 Juni 2012

Dilema sang Manajer "Maemona"

Mengenal Manajemen dan Organisasi
            Jika saya ditempatkan pada posisi Tom, yang bertindak sebagai Top Manager. Saya akan mengaplikasikan beberapa keahlian / keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap Manager. Jadi saya akan menjalankan 4 keahlian yang harus saya kuasai, di antaranya :
1.      Keahlian Konseptual
- Kemampuan untuk menggunakan informasi untuk memecahkan masalah bisnis
- Identifikasi peluang untuk inovasi
- Mengenali masalah dan menerapkan solusi
- Memilih informasi yang penting dari data yang acak
- Memahami bisnis yang menggunakan teknologi
- Memahami model bisnis organisasi
2.      Keahlian Komunikasi
- Kemampuan untuk mengubah ide menjadi kata dan tindakan
- Kredibilitas diantara rekan, sahabat, dan bawahan
- Mendengarkan dan mengajukan pertanyaan
- Keahlian presentasi; bentuk percakapan
- Keahlian presentasi; bentuk tertulis dan/atau grafis
3.      Keahlian Keefektifan
- Turut menunjang misi perusahaan/tujuan departemental
- Fokus pada komsumen
- Berbagai tugas: mengerjakan tugas yang banyak secara bersamaan (simultan)
- Keahlian bernegosiasi
- Manajemen proyek
- Mengulas operasi dan menerapkan perbaikan
- Menetapkan dan memelihara standar kinerja secara internal dan eksternal
- Menetapkan prioritas untuk hal yang penting dan kegiatan
- Menajemen waktu
4.      Keahlian Interpersonal
- Keahlian memimpin dan membimbing
- Keahlian yang beragam: bekerja dengan orang dan budaya yang berbeda
- Jaringan di dalam organisasi
- Jaringan di luar organisasi
- Bekerja dalam tim: kerja sama dan komitmen
Selain dengan ketiga keahlian di atas, saya juga harus menata etika saya sebagai seorang manajer, seperti yang diungkapkan oleh Ricky W.Griffin dalam bukunya. Berikut adalah etika yang harus dimiliki seorang manager:
1. Perilaku terhadap karyawan
            Kategori ini meliputi aspek perekrutan, pemecatan, kondisi upah dan kerja, serta ruang pribadi dan penghormatan. pedoman etis dan hukum mengemukakan bahwa keputusan perekrutan dan pemecatan harus didasarkan hanya pada kemampuan untuk melakukan pekerjaan. perilaku yang secara umum dianggap tidak etis dalam kategori ini misalnya mengurangi upah pekerja karena tahu pekerja itu tidak bisa mengeluh lantaran takut kehilangan pekerjaannya.
2. Perilaku terhadap organisasi
            Permasalahan etika juga terjadi dalam hubungan pekerja dengan organisasinya. masalah yang terjadi terutama menyangkut tentang kejujuran, konflik kepentingan, dan kerahasiaan. masalah kejujuran yang sering terjadi di antaranya menggelembungkan anggaran atau mencuri barang milik perusahaan. konflik kepentingan terjadi ketika seorang individu melakukan tindakan untuk menguntungkan diri sendiri, namun merugikan atasannya. misalnya, menerima suap sementara itu, masalah pelanggaran etika yang berhubungan dengan kerahasiaan di antaranya menjual atau membocorkan rahasia perusahaan kepada pihak lain.
3. Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya
            Seorang manager juga harus menjalankan etika ketika berhubungan dengan agen-agen ekonomi lain seperti pelanggan, pesaing, pemegang saham, pemasok, distributor, dan serikat buruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar