WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Senin, 04 Juni 2012

Dilema sang Manajer "Arinal"

Mengenal Managemen dan Organisasi

Jika saya di tempatkan pada posisi Tom pada saat itu. Sebagai Manajemen puncak (top management) dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. contoh top manajemen adalah ceo (chief executive officer), cio (chief information officer), dan cfo (chief financial officer) saya harus mengaplikasikan 3 keterampilan wajib seorang manager yakni :
1.      Keterampilan Konseptual (Conceptional Skill)
Manager tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. gagasan atau ide serta konsep tersebut kemudian haruslah dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu. proses penjabaran ide menjadi suatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Disini saya akan menkonsep ide gagasan dalam rencana perusahaan untuk melipatgandakan pendapatan atau memperluas usaha perusahaan dalam jangka waktu 5 tahun.
2.      Keterampilan Berhubungan dengan Orang Lain (Humanity Skill)

Selain kemampuan konsepsional, manager juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manager terhadap bawahan yang dipimpinnya. dengan komunikasi yang persuasif, bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. keterampilan berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah. Komunikasi baik saya kepada para pegawai saya akan menghasilkan suatu hubungan yang baik. Kemudian dengan menggunakan keahlian persuasif yang saya mikili saya akan memberi pengarahan pada karyawan saya untuk dapat melakukan apa yang perlu dilakukan untuk memuaskan konsumen membantu perusahaan untuk melipat gandakan pendapatan dalam 5 tahun kedepan.

3.      Keterampilan Teknis (Technical Skill)
Sebagai seorang manager saya harus memiliki sebuah atau lebih keterampilan teknis dalam bidang tertentu. Yang harus utama saya miliki untuk saya dalam posisi Tom adalah keahlian akuntansi, agar saya bisa dengan mudah mengecek pengeluaran dan pendapan perusahaan yang biasa di kerjakan bawahan saya, sehingga saya bisa mengerti jika ada sesuatu kejanggalan yang terjadi.
            Kemudian hal yang paling  lebih penting lagi saya harus memperhatikan etika-etika saya sebagai manager. Dan saya bagi dalam 3 katagori :
1. Perilaku terhadap karyawan
Kategori ini meliputi aspek perekrutan, pemecatan, kondisi upah dan kerja, serta ruang pribadi dan penghormatan. Saya akan merekrut orang-orang yang benar-benar memilki keahlian untuk menjadi karyawan saya, agar perusahaan yang saya pimpin akan berkembang. Sebagai penghormatan saya juga akan memberi semangat kerja pada karyawan saya, untuk karyawan disiplin/ teladan saya akan saya beri bonus. Otomatis perlakuan ini akan membuat para karyawan saya semangat untuk kerja yang lebih baik untuk hasil nya mereka ambil sendiri serta untuk kemajuan perusahaan.Kemudian saya akan bertindak tegas pada karyawan saya yang tidak menjalankan pekerjaan dengan baik, saya akan memberi sangsi peringatan hingga 3x kemudian lanjutan pemecatan.
2. Perilaku terhadap organisasi
Permasalahan etika juga terjadi dalam hubungan pekerja dengan organisasinya. masalah yang terjadi terutama menyangkut tentang kejujuran, konflik kepentingan, dan kerahasiaan. masalah kejujuran adalah masalah yang sangat saya anggap penting sebagai seorang manger. Dengan menerapkan kejujuran pada setiap elemen karyawan hingga atasan akan membuat perkembangan perusahaan berjalan lancar hingga apa yang ditargetkan untuk melipatgandakan pendapan 5 tahun mendatang
3. Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya
Saya sebagai seorang manager juga harus menjalankan etika baik ketika berhubungan dengan agen-agen ekonomi lain seperti pelanggan, pesaing, pemegang saham, pemasok, distributor, dan serikat buruh.
Secara ringkas Ada 5 (lima) perilaku saya sebagai manager terhadap karyawan/bawahan saya yang harus saya lakukan untuk kemajuan perusahaan, yaitu :
1. kalau seorang bawahan tidak tahu apa yang harus dikerjakan, akan saya beri penjelasan
2. kalau seorang bawahan tidak tahu bagaimana cara mengerjakannya, saya beri pelatihan
3. kalau seorang bawahan tidak ingin mengerjakannya, saya beri motivasi
4. kalau seorang bawahan tahu apa yang harus dikerjakan, berkompetensi dan memiliki motivasi untuk mengerjakannya, saya beri kesempatan
5. kalau seorang bawahan sudah mengerjakannya dan memenuhi standar (bahkan melebihi), saya beri penghargaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar