WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Senin, 04 Juni 2012

Dilema sang Manajer "Triono"

Sekilas tentang Tom Gegax  
            Tom Gegax sebagai manajer CEO (Chief Executif Officer)/ direktur pelaksana ketua dewan redaksi yang di sebut  juga sebagai manajer lini pertama (first line managers), yaitu yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan karyawan yang terlibat dalam produksi dan penciptaan produk organisasi atau perusahaan.
Yang perlu dilakukan
            Jadi jika saya menjadi Tom Gegax, keahlian manajerial yang saya pilih adalah keahlian konseptual. Mengapa? Karena dengan kahlian ini saya bisa memiliki kemampuan kognitif untuk melihat organiasi/ perusahaan secara keseluruhan dan keterkaitan diantara bagian-bagiannya. Keahlian konseptual melibatkan pemikiran manajer, pengolahan informasi, dan kemampuan perencanaan. Keahlian ini melibatkan pengetahuan departemen seseorang dapat sesuai di dalam organisasi secara keseluruhan dan bagaimana organisasi sesuai dengan industri, masyarakat, dan lingkungan bisnis, serta sosial yang lebih luas. Ini berarti kemampuan untuk berfikir strategis dengan mengambil pandangan yang luas dan jangka panjang. 
            Keahlian konseptual diperlukan oleh seluruh manajer, namun secara khusus penting bagi manajer puncak. Banyak tanggung jawab manajer puncak, seperti pengambilan keputusan, pengalokasian sumber daya dan inovasi, memerlukan pandangan yang lebih luas.
            Sebagai alat untuk penunjang kepercayaan dan tanggung jawab para karyawannya Tires Plus agar memiliki sasaran yang sama seperti memuaskan konsumen saya juga harus memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan saya seperti tunjangan gaji tambahan, kesehatan, dan fasilitas lainnya seperti makanan dan kemudahan transportasi. Dari sini sudah jelas bahwa dengan memberikan kepada para karyawan semangat dan kerja keras mereka pasti lebih besar demi tujuan bersama yaitu memuaskan konsumen.
            Untuk melipatgandakan pendapatan dalam waktu 5 tahun ada beberapa tahapan yang harus saya ambil (sebagai Tom Gegax) adalah dengan cara:
  1. Planning, karena dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu saya dapat menentukan tujuan dan bagaiman cara pencapain tujuan yang baik.
  2. Organizing, setelah melakukan perencanaan alangkah baiknya saya melakukan penyusunan sebuah organisasi dan aktifitas terlebih dahulu agar dapat dilakukan sesuai dengan perencanaan sebelumnya.
  3. Leading, yaitu melakukan sebuah proses memotivasi anggota perusahan Tires Plus termasuk karyawan bawahan. Tetapi sebelum saya memotivasi karyawan saya lebih dulu saya memotivasi diri saya untuk yakin bahwa saya bisa menjalankan rencana yang saya buat.
  4. Dan yang terakhir adalah controlling, setelah ke tiga tahapan diatas  selesai, sesuai rencana saya akan melakukan monitoring dan perbaikan dari semua aktivitas yang sedang berjalan agar tujuan dapat tercapai dan apabila gagal, saya akan kembali ke poin awal yaitu melakukan perencanaan yang lebih detail dan terperinci. Dari sini peluang untuk melipatgandakan pendapatan dalam 5 tahun  kedepan akan lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar