WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Selasa, 05 Juni 2012

Analisis Internal dan Eksternal "Lutfiatun"

PT. ULTRAJAYA
Analisis Lingkungan Internal dan External


1.      Analisis Lingkungan Internal:
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
·         Tenaga kerja (Man)
·         Modal (Money)
·         Material / bahan baku (Material)
·         Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
·         Metode (Methods)
Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.
      Kekuatan utama PT. ULTRA JAYA terletak pada visi pemasaran yang terfokus pada pembangunan merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi konsumen Indonesia. Untuk melaksanakan hal ini, PT. ULTRA JAYA telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas pemasaran, teknologi pemasaran, teknologi pengembangan produk dan yang paling penting adalah distribusi.
      Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama melayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional), hotel dan pelanggan komersial.
      Jaringan distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajaya yang terdiri dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depo dan kantor cabang di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.
      Pasar utama PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orang yang memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu.
Ø  Kelebihan dari PT ULTRAJAYA INDUSTRY Tbk. :
ü  SDM yang besar dan terlatih.
ü  Harga produk yang kompetitif.
ü  Keadaan distribusi dan pangsa pasar.
ü  Loyalitas konsumen terhadap produknya.
ü  Brand Image.
ü  Pertumbuhan penjualan.
ü  Keadaan distribusi dan pangsa pasar.
Ø  Kelemahan dari PT ULTRAJAYA INDUSTRY Tbk. :
ü  Ketersediaan bahan baku.
ü  Biaya produksi yang tinggi.

2.      Analisis Lingkungan External:
Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor–faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
·         Pemegang saham
·         Kreditor
·         Pesaing
·         Publik
·         Perantara
·         Pemasok
·         Konsumen
Lingkungan Makro, dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan.


Faktor – faktor yang mempengaruhi :
·         Lingkungan ekonomi.
·         Lingkungan teknologi.
·         Lingkungan politik-hukum (pemerintahan).
·         Lingkungan sosial kultur.
·         Lingkungan global.
·         Lingkungan bisnis.
·         Teknologi dan informasi.
Lingkungan External ini biasanya digunakan untuk menentukan peluang perusahaan, dan juga mengetahui ancaman perusahaan.
Ø  Ancaman PT ULTRAJAYA INDUSTRY Tbk, terhadap pesaing produk lainnya :
ü  kebijakan pemerintah.
ü  Masuknya para pesaing baru.
ü  Fluktuasi nilai tukar rupiah.
ü  Iklim yang dapat menjadikan tumbuhan teh tidak baik.
ü  pesaing produk untuk minuman teh kotak.
Ø  Peluang PT ULTRAJAYA INDUSTRY Tbk :
      Industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki harapan yang sangat positif Karena negara ini memiliki populasi besar dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang terkemuka di Indonesia, PT Ultrajaya berada pada posisi yang sangat menguntungkan dengan kondisi tersebut.
      Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan tekad bulat kami terhadap kualitas terbaik, akan memastikan bahwa kami dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang.
Membuat inovasi baru terhadap produk yang dapat bersaing dengan perusahaan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar