WELCOME

SELAMAT DATANG DI BLOG 2F4 ILMU KOMUNIKASI

Rabu, 06 Juni 2012

Toyota Ways "Laila"

Prinsip-prinsip Toyota Way
Di pabrik-pabrik di seluruhdunia, Toyota secarakonsistenmenaikkanstandaruntukmanufaktur, pengembanganproduk, dan proses kesempurnaan. Hasilnyaadalahsebuahkisahsuksesbisnis yang luarbiasa: mantapmengambilpangsapasardaripesaingpemotonganharga, jauhlebihmenghasilkankeuntungandaripadamobil lain, danmemenangkanpujiandariparapemimpinbisnis di seluruhdunia.
Profesor Jeffrey Liker telahmempelajari Toyota selamaduapuluhtahun, danbelumpernahterjadisebelumnyadiberikanakseske Toyota eksekutif, karyawandanpabrik, baik di JepangdanAmerikaSerikat. Jeffrey mengungkapkan 14 dasarprinsip-prinsipmanajemen di belakangmobil yang terkenal di duniadengansistem ” Lean Production “. Andaakanbelajarbagaimana Toyota menciptakanlingkungan ideal untukmenerapkanteknikdanalat “Lean Production” yaitu:
  1. Menumbuhkansuasanaperbaikanterus-menerusdanbelajar.
  2. Memuaskanpelanggan (danmenghilangkanpemborosanpadawaktu yang sama).
  3. Mendapatkankualitas yang baik.
  4. Mengajarkansemuakaryawanuntukmenjadipemecahmasalah .
  5. Tumbuhbersamadenganpemasokdanmitra yang salingmenguntungkan.
Sistemproduksi Toyota mulairevolusi global di bidangmanufakturdanjasabisnis yang banyakmempertimbangkantahapberikutnya di luarproduksimassal. Toyota Way Menjelaskanbagaimanasistemproduksi Toyota berkembangsebagaisebuahparadigmabarudarikeunggulanmanufaktur, danperusahaan-perusahaandalamindustri yang menggambarkanberagamsepertikesehatan, teknik, farmasidankonstruksi, yang menggunakanmetode Toyota secara dramatis meningkatkankinerjamereka.
Keberhasilan Toyota sebagaiperusahaantelahdidokumentasikandenganbaik.Perusahaan inimemilikireputasi yang baiksebagaiperusahaan yang ungguldalamhalkualitas, penguranganbiaya, dankendaraannya yang lakuterjual di pasar.Hasilnyaadalahsebuahperusahaan yang sangatmenguntungkandilihatdaristandarapa pun. Menghasilkanmiliaran dollar pertahundanmenimbuncadangandanasebesar $30 hingga $50 miliarpadawaktukapan pun, cukupuntukmeyakinkan orang bahwaperusahaaninipastimelakukansesuatu yang benar. Toyota telahmemecahaknrekor, menghasilkanlebihdarisekitar $10 miliarpadatahun 2004 danmenjadiperusahaan yang paling menguntungkandalamsejarahJepang.Polatersebutterusberlanjuthinggatahun 2005, memecahkanrekorprofitabilitassecarakontinusementarabanyakpersaingnyakehilanganpangsapasardanberjuanguntukmendapatkan profit.Padatahun 2005 Toyota di Amerika Utara jugamemenangkanpenghargaantertinggi yang diinginkanolehbanyakperusahaan, yaitu J.D Power Initial Quality Award.Toyota memenangkantempatpertamadalam 10-18 kategori yang ada.Toyota kemudianmendapatkanpernghargaandariHarbour Associates sebagaiperusahaan yang memilikipabrik paling produktif.Semuainiberhasildicapai Toyota sambilterusmeningkatkan volume penjualannya, sementaradisaat yang samaparapesaingnyakehilangan volume penjualan.14 PrinsipManajemen Perusahaan OtomotifToyota:I. Memilikifilosofijangkapanjang yang mendorongsebuahpendekatanjangkapanjanguntukmembangunorganisasibelajar
14 prinsipmanajemenperusahanotomotifToyota :
1.      Proses yang tepatakanmenghasilkanhasil yang tepat
2.      RatakanBebanKerja( Bekerjalahseperti Kura-Kura, bukansepertikelinci).
3.      Gunakansistem “Pull” untukmenghindariproduksiberlebih.
4.      BangunBudayamenghentikan Proses untukmenyelesaikanmasalah, demi memperolehkualitas yang baiksejakawal.
5.      GunakanPengendalian visual agar tidakadamasalah yang tersembunyi.
6.      Gunakanhanyateknologiandal yang sudahbenar-benarterujiuntukmembantukaryawandan proses anda.
7.      MenyelesaikanakarPermasalahansecaraterus-menerusuntukmendorongpembelajaranorganisasi.
8.      MenambahNilaiOrganisasidenganMengembangkanKaryawandan Perusahaan MitraAnda
9.      Pembelajaranterusmenerusmenurut kaizen.
10.  Lihatlahdenganmatakepalasendirinagarlebihmemahamisituasidenganbenar (genchigenbutsu).
11.  Kembangkanpemimpin yang menjiwaidanmenjalankanfilosofi.
12.  Hormati, kembangakandantantang orang orangdantimanda.
13.  Hormati, tantangdan bantu parapemasokanda.
14.  Ciptakan proses yang mengaliruntukmengungkapakanmasalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar